Jumat, 18 Februari 2011

Tugas 1K

JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI :

1. Apa yang saudara ketahui tentang Manajemen?
Manajemen adalah suatu proses atau cara dari kegiatan seseorang (manajer) dalam mengambil keputusan yang terbaik melalui kerjasama dengan orang lain tanpa mengabaikan sumber yang tersedia untuk pencapaian tujuan.

2. Sebutkan dan jelaskan fungsi-fungsi Manajemen?
Kegitan Manajemen :
a) Planning (perencanaan):
Berpikir, menduga, menentukan prioritas, kegiatan bersifat non fisik diperlukan dalam rangka mengarahkan tujuan dan sasaran organisasi.
b. Organizing (pengorganisasian):
Proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit kerja dan fungsinya, penempatan orang yang tepat agar pelaksanaan pembagian kerja sesuai dengan perencanaan, dalam penempatan orang atau staf diharapkan objektif.
c. Motivating (motivasi):
Membina, mendorong semangat dan kerelaan kerja para pegawai, memberikan rangsangan baik bersifat rohaniah atau jasmaniah. Rohaniah: Kenaikan pangkat, Pendidikan dan pengembangan karir, pemberian cuti, penambahan pengalaman, penelenggaraan human relation dengan tepat Jasmaniah: Sistem Upah gaji yang menggairahkan, pemberian tunjangan, distribusi sandang pangan, penyediaan fasilitas rumah, kendaraan dan jaminan pemeliharaan kesehatan
d. Controlling (pengendalian):
Mengadakan pengawasan, penyempurnaan, evaluasi agar tujuan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan, mengetahui sampai sejauh mana pekerjaan dijalankan, seberapa besar sumber dimanfaatkan setelah diketahui kemudian dapat dikoreksi, apa yang harus dilakukan selanjutnya

3. Sebutkan Faktor-faktor produksi (sumber-sumber) Organisasi & Metode!
Faktor-faktor produksi (Sumber-sumber) yang diperlukan :
• Manusia atau Tenaga Kerja (Man/Man Power)
• Uang atau Biaya (Money)
• Bahan-bahan atau Material (Materials)
• Mesin dan Peralatan (Mechines & Equipment)

Sumber-sumber diatas menurut George R Terry disebut 6M (the six M’s in management) dengan menambah dua sumber lagi:
• Tata kerja (Methods)
• Pasar (Market)

4. Apakah Manajemen, Organisasi serta Metode mempunyai kaitan dan hubungan, jelaskan menurut pendapat saudara!
Metode : Tata kerja / cara bagaimana sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat digunakan sehingga proses kegiatan manajemen bisa dilaksanakan sesuai dengan tujuan.
Organisasi : prasarana atau alat untuk mencapai tujuan.
Manajemen : suatu proses atau cara dari kegiatan seseorang (manajer) dalam mengambil keputusan yang terbaik melalui kerjasama dengan orang lain tanpa mengabaikan sumber yang tersedia untuk pencapaian tujuan.

Kesimpulannya menurut saya,antara manajemen,organisasi dan metode itu mempunyai kaitan yang sangat erat.dari pengertian yang saya baca,metode merupakan suatu cara bagaimana sumber dan waktu dapat digunakan atau dimanfaatkan.Manajemen merupakan proses yang dilakukan seorang manajer dalam mengambil keputusan melalui kerjasama dengan orang lain tanpa mengabaikan sumber atau metode yang tersedia,sementara organisasi itu sendiri merupakan alat atau prasarana suatu proses atau metode manajemen itu dilaksanakan.jadi,jika salah satu dari ketiga unsur tersebut tidak ada maka,proses manajemen pun terhambat atau bahkan tidak dapat dilaksanakan.Dengan ilustrasi sebagai berikut:
Pertama: Jika metode tidak ada, maka proses apa yang akan dilakukan seorang manajer sementara sumber dan waktu yang tersedia pun tidak ada meskipun terdapat organisasi.

Kedua: Jika organisasi tidak ada, maka bagaimana cara seorang manajer menjalankan manajemen tersebut jika alat dan prasarana untuk mencapai tujuannya pun tidak ada.

Ketiga: Sementara manajemen itu sebuah cara atau proses dengan kata lain, pekerjaan yang dilakukan seorang manajer dengan memanfaatkan sumber, waktu serta organisasi yang tersedia melalui kerjasama dengan orang lain untuk mencapai tujuan disebut Manajemen.

Pengikut